0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

10 Oleh Oleh Khas Medan Yang Sering Di Cari

Medan Terkenal dengan Surga Kuliner nya, Maka Tak Salah kalau berkunjung ke sini jangan lupa beli Oleh Oleh Khas Medan, Selain kuliner Medan juga mempunyai Destinasi Wisata yang lumayan menarik, Medan ini selain di kenal wisatawan lokal, wisatawan mancanegara juga mengenal cukup banyak tempat wisata di medan yang menarik untuk di datangi. Jika kalian habis berkunjung ke sini, agak sedikit bingung untuk mencari Oleh-oleh, Yuk simak di bawah ini :

1. Bika Ambon

Loh kok beli bika ambon ? banyak yang menyangka bika ambon ini berasal dari ambon berdasarkan namanya. Tetapi pada kenyataan nya, makanan yang tekstur berserta ini berasal dari medan. Bentuk bika ambon ini memiliki berpori-pori dengan taste legit yang terbuat dari tepung,gula,telur,santan dan air nira.

Bika Ambon yang terkenal di medan, kita mudah mendapatkan nya di jalan mojopahit, Varian Bika ambon banyak aneka seperti original, keju hingga pandan. Ketahanan bika ambon ini hanya bertahan sampai empat hari.

2. Bolu Gulung Meranti

Bolu gulung meranti ini berawal coba coba resep yang bernama nyonya Ai Ling dan kemudian di coba di jual dengan cara di titipkan di toko saudaranya yang berletak di jalan meranti, Tapi siapa yang sangka ternyata berawal dari coba coba membuahkan hasil yang manis, pesananan mulai ramai sana sani dan pada akhir nya nyonya Ai Ling ini membuka outlet sendiri bernama bolu Meranti yang terletak di jalan kruing.

Yup siapa yang tidak kenal bolu meranti, Bolu meranti ini memiliki tekstur yang lembut serta enak, Varian rasa Bolu meranti meliputi rasa mocca,nanas,keju,strawberry,kacang sampai blueberry. Bolu ini tidak bisa lebih dari tiga hari, Tapi kalau ingin bolu ini bertahan sampai 7 hari,bisa di coba disimpan lemari pendingin.

Baca juga : Taman Buaya Asam Kumbang Medan

3. Pancake Durian

Pancake Durian ini menjadi oleh yang favorit bagi para pecinta durian, Karena pancake ini lain dari yang lain bentuk nya, Cara proses pembuatana pancake ini seperti dadar gulung yang terbuat kulit adonan tepung di campur daging durian serta di tambahi whiipped cream dan ketika di makan nyess.. nyeess..

Varian nya sekarang pun mulai banyak seperti original, coklat , mocca serta panda. Untuk membeli pancake ini sangat mudah sekali di jumpai, seperti di restoran,rumah makan pnggir jalan tapi yang lumayan terkenal ada di durian house yang beralamat jalan sekip, Medan petisah. Durian yang di pakai di durian house ini terbilang durian yang berkualitas dan harga nya relatip murah.

4. Durian Ucok

Siapa yang tidak kenal Durian UCok,Sering di liput Tv nasional,masuk radio lokal dan nasional juga. Kedei Durian Ucok ini cukup unik karena stok durian di sini tidak pernah habis meskipun selalu ramai oleh pembeli. Para Pembeli pun bisa melihat durian serta memilih durian yang ingin kita makan di tempat.

kalau anda ingin membawa durian ini untuk berpergian, tidak usah khwatir karena Buah Durian di sini di kemas dengan rapi didalam kotak yang rapat serta ditutupi dengan daun pandan dan kopi sehingga aroma dari durian ini tidak dapat tercium.

5. Kain Ulos

Tidak selalu kota yogyakarta atau Solo saja yang mempunyai pakaian khas nya yang berupa batik, Medan juga mempunyai kain ulos yang sebagai kebanggaan sumatera utara. Kain ulos ini sering sekali di pakai untuk ritual pernikahan, pemakaman hingga penyambutan tamu.

Bentuk Kain Ulos ini seperti selendang panjang yang pada umum nya sering digunakan diselempangkan di bahu atau sebagai ikat kepala. Tempat untuk membeli kain ini tidak sulit untuk mencari nya, kita bisa mencari nya di pajak ikan lama atau pajak central yang beralamat jalan MT.Haryono.

Baca Juga : Tips Jalan Jalan Ke Medan

6. Sirup Markisa

Sirup Markisa ini banyak sekali vitamin c yang terkandung di dalam nya serta dapat menjadi antioksidan yang bagus untuk tubuh. Sirup Markisa ini enak di minum waktu siang hari atau sore hari.

Di Medan banyak sekali penjual Sirup Markisa ini, Khusus nya di Medan Napoleon yang beralamat jalan kruing.

7. Teri Medan

Nah Teri Medan ini unik dan berbeda dari Teri daerah lain, Meski bentuk teri ini kecil dan berwarna putih seperti putih nasi tetapi penggemar teri ini banyak sekali, Teri ini cocok di masak sambal bersama kacang yang rasa nya legit sekali, bisa di sajikan bersama nasi putih dan di temani dengan teh manis hangat.

Teri Medan ini selain dijual yang siap saji, banyak juga dijual masih mentah serta di bungkus berbagai ukuran, Untuk Membeli ini sangat mudah, kita bisa mendatangin jalan mojopahit, Pajak Central atau Merdeka Walk.

8. Kaos Khas Medan

Jika kalian ingin mencari oleh oleh medan selain Makanan, Kaos Medan bisa Menjadi pilihan yang bagus, Brand penjual kaos di medan cukup banyak,seperti  Kaos Kotau Medan yang memiliki motif unik serta kekinian dan medan kali desain nya. Motif-motif nya seperti ikon kota medan serta di tambahi dengan kata-kata yang membuat kita ketawa sendiri ketika membaca nya.

Varian Kaos dengan desain yang unik seperti Sudako yang notabene angkutan khas medan, Warga batak, Horas Lae , Ini Medan Bung dan lain-lainnya.

Harga Kaos ini cukup terbilang Murah mulai harga 85 ribu, Karena kualitas Kaos dan Sablon nya Sangat Bagus. Selain Kaos di Kotau Medan juga menjual souvenir seperti Gelas,Gantungan kunci besi serta dari karet, piring dan lainnya.

Jika anda Tertarik bisa datang langsung ke jalan abdullah lubis no.57/71 ( di mie ayam jamur h.mahmud.s), Medan baru.

9. Ikan Sale

Ikan Sale ini ialah ikan yang cara masak nya di asapi atau juga dijemur dan ikan yang sering digunakan ialah ikan lele Limbat. Ikan ini khas suku Mandailing ( Batak ), Ikan ini sering di masak Gulai atau di goreng dengan irisan cabai dan bawang.

Untuk membeli ikan ini kita bisa pergi ke jalan MT.Haryono yang beralamat Pusat Pajak Central yang berada di belakang Medan mall, Serta Di restoran yang menjual makanan Khas Mandailing bisa kita dapatkan nya juga tetapi biasanya harga agak sedikit mahal.

10. Batik Dari Medan

Meski Batik dari medan ini termasuk inovasi baru karena Medan ini terkenal dengan kain ulos bukan batiknya, namun seiring perkembangan peminat yang menyukai Batik Medan ini semakin meningkat tinggi. Medan juga semakin berkesempatan membuat batik bercorak Medan atau motif khas suku batak yang tidak kalah saing yang berada di jawa.

Saat ini setiap daerah juga mempunyai jenis batik tersendiri seperti Mandailing, Tapanuli, Toba dan Lain nya.

Perbedaan Batik Medan dengan Batik jawa terletak Batik Medan ini lebih dominan ke arah Motif batak yang di campur dengan kain ulos.

Itulah 10 Oleh Oleh Khas Medan yang sering diminati Wisatawan Lokal Ataupun Mancanegara

Tulis Komentar