0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Misteri Rumah Tjong A Fie

Selamat datang di blog kotaumedan., sekarang kita akan membahas misteri rumah tjong a fie yang berada di kota medan. Rumah Tjong A Fie ini sekarang sudah menjadi Salah satu landmark kota Medan. Kota Medan ini sendiri menjadi tempat tinggal untuk masyarakat yang berasal dari berbagai suku, baik itu orang Batak, Tionghoa, Jawa, India, Melayu dan lain nya. Kediaman atau rumah Tjong A FIe ini menjadi Salah satu bukti bahwa keragaman budaya masyarakat di medan sudah terjadi sejak dahulu.

Rumah Tjong A Fie ini sebenar nya rumah tua yang dulu digunakan sebagai tempat tinggal Tjong A fie tapi kini sudah beralih fungsi sebagai Museum. Rumah ini di bangun oleh saudagar cina yang bernama Tjong A Fie yang tinggal dan hidup antara 1860 sampai 1921. Meski usia rumah ini sudah lebih dari 100 tahun tetapi bangunan berlantai dua ini masih keliatan mewah dan terjaga rapi dan cantik.
Semasa Tjong A Fie hidup, beliau dikenal sebagai saudagar kaya yang bisnis nya meliputi berbagai bidang. Usaha atau bisnis Tjong A Fie ini bergerak dalam perkebunan, pabrik gula, minyak kelapa sawit , bank juga memiliki perusahaan kereta api. Konon Tjong A Fie terkenal sebagai saudagar yang kaya raya tetapi tidak sombong dan juga memiliki sikap yang derwaman di kota medan.
Rumah Tjong A Fie sekarang yang telah berubah fungsi menjadi sebuah museum juga merupakan salah satu bangunan cagar budaya nasional di medan. Bangunan ini mempunyai area yang cukup luas, yang mencapai enam ribu meter persegi. Dan tentu saja karena pemilik rumah ini seorang saudagar Cina, bentuk arsitektur juga di desain arsitektur cina kuno. Tetapi sebagai pelengkap atau tambahan, bangunan ini juga di campur atau di tambahi dengan corak melayu dan eropa.
Rumah Tjong A Fie ini di buka untuk masyarakat umum dilakukan pada tahun 2009 yang lalu, Sejak masa itu, para wisatawan lokal atau mancanegara baru bisa secara Gamblang memperoleh informasi atau pengetahuan Mengenai Saudagar kaya yang bernama Tjong A Fie. Untuk Masuk ke Museum ini dikenakan tiket masuk yang lumayan mahal sebesar 35 ribu rupiah per orang tetapi untuk pelajar tarif nya lebih murah sekitar 20 ribu rupiah per orang
Harga tiket ini cukup mahal kalau kita bandingkan dengan museum lainnya yang berada di kota Medan. Karena rumah Tjong A Fie merupakan museum yang di kelola pihak keluarga dan juga biaya perawatan rumah yang sudah berusia lebih dari 100 tahun dan ukuran nya yang cukup besar juga membutuhkan modal yang tidak sedikit.
Ketika kita berada bagian dalam rumah Tjong A Fie ini kita bisa melihat interior yang unik-unik dan antik. di sini juga banyak sekali koleksi perabotan kuno yang terjaga sangat baik. Para wisatawan dapat juga melihat atau menyaksikan koleksi-koleksi foto milik Tjong A Fie. Karena Tjong A Fie ini cukup rajin mendokumentasikan setiap acara atau kegiatannya. seperti foto bersama keluarga ataupun foto pelangsungan upacara pernikahan anggota keluarga. Di sisi lain ada juga ruangan yang memang di khusus kan oleh Tjong A Fie untuk Menyimpan koleksi buka.
Konon di rumah ini ketika kita ingin berkunjung harus mempunyai mental yang berani,Loh ? emang nya mau naik Roller coaster.. hehe.. Karena kabar yang terhembus kata nya tempat ini ada penunggu nya. Tapi menurut saya sih cukup wajar, Mengingat rumah jadul atau kuno yang berusia ratusan tahun menjadi tempat tinggal para lelembut. Terdengar kabar juga Hantu Penunggu di tempat ini ialah hantu yang menggunakan pakaian seperti layak nya orang cina pada zaman dahulu.
Tapi yang paling penting kita dapat melihat atau belajar dari sosok Tjong A Fie seperti nilai-nilai kerja keras, toleransi, kejujuran dan juga kedermawanan nya. Seperti yang kita temui di balik tiket masuk museum ini tertera ” Dimana langit dijunjung, di situ bumi dipijak. Sukses dan kemuliaan bukan apa yang telah saya dapat tapi apa yang telah saya berikan “
Jika kalian ingin berburu souvenir, merchandise atau baju kaos medan tentang Tjong A Fie ini dapat kita temui di dalam Museum Tjong A Fie ini atau di jalan kesawan.
Kesimpulan Misteri Rumah Tjong A Fie ini jangan di lihat hantu penunggu nya ya.. hehe.. tetapi kita lihat bagaimana kota medan ini tercipta atau lahir dari keberagaman budaya yang tumbuh dan berkembang di kota tercinta ini.

Tulis Komentar