0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni Part 1

Kembali lagi di blog Kotau Medan, Kali ini kita akan membahas Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni yang berada di tanjung selamat Kota Medan, Kalau kalian sedang liburan di medan dan ingin membeli oleh-oleh khas medan berupa kaos medan atau souvenir tentang medan jangan lupa singgah ke kedai kecik kami ya di Jl.abdullah lubis no.57/71 ( di mie ayam jamur h.mahmud.s ), Wahhh… si mimin kok jadi promosi ya… Wkwk.

Kembali lagi ke topik tentang Gereja Annai Velangkanni yang di mana Gereja ini di bangun memakan waktu kurang lebih 4 tahun sekitar tahun 2001 – 2005 di daerah Tanjung Selamat. Gereja Maria Annai Velangkanni ini di dalangi atau ide dari Pastor James yang dengan tekad kesabaran,Kerja keras, kegigihan serta keberanian dan dia berjuang dari tangan dinginnya dalam mengumpulkan dana dari donatur-donatur yang bersedia dalam menyumbang untuk membangun Gereja ini.

Pastor ini nama asli nya James Batu Putra sebenar nya beliau ini seorang mahasiswa Jesuit India Tamil, yang secara sukarelawan untuk pergi melakukan misi kemanusiaan di negara malaysia setelah menyelesaikan studi filasafatnya di India serta menjalankan keagamaan pastoral di Kuala Lumpur pada tahun 1966-1967. Tetapi karena berbenturan dengan undang-undang imigrasi yang terbaru, beliau segera di kirim kembali oleh pimpinannya untuk ke indonesia dalam melanjutkan studi teologis dengan besar harapan untuk bisa kembali ke Malaysia sehabis pentahbisannya.

Pastor James Batu Putra kembali ke indonesia pada mei 1967, beliau langsung memperdalam dan mempelajari Bahasa Indonesia untuk bersiap dalam studi teologi di seminar Tinggi St. Paul yang berada di Yogyakarta. Beliau juga memperdalam ilmu dari Keuskupan Agung Medan serta fokus dengan imigran yang berasal dari India yang sudah menetap lama.

Sehabis di kasih izin oleh pimpinan Pastor James, Beliau langsung berangkat ke Kota Medan pada bulan desember tahun 1968 dan di sambut hangat oleh Mgr. Van Den Hurh yang di mana merupakan Uskup Agung Medan. Pastor James menetap di Pastoran Paroki Hayam Wuruk kurang lebih 3 minggu dan di dampingi oleh 2 Pastor Kapusin ialah Pastor Timmernans serta Pastor Maxumux Brans.

Pada tahun 1970 di tanggal 27 bulan desember, Uskup Agung Medan, Mgr. Van Den Hurh mencoba menghubungi pimpinan Pastor James di Hongkong untuk memberikan izin kepada Pastor James untuk melayani di daerah keuskupannya. Pelayanan Pastor James bermula dari Mei 1972 selaku asisten pastor serta didampingi juga 2 pastor serta di beri oleh Mgr. Van Den Hurh kepada Pastor James mandat khusus untuk melayani dari masyarakat india dalam hal tugas penggemabalan.

Tapi dari sini lah titik awal puncak misi beliau di gedung Graha Maria Annai Velangkanni ini, Orang India yang menetap di Kota Medan yang bermayoritas agama Katolik dan berdiaman di Kawasan kampung Kristen juga merupakan masyarakat terbelakang serta tertinggal dalam hal segi ekonomi, agama , sosial dan pendidikan jika di lihat atau di bandingkan dengan orang India lainnya yang berada di Kota Medan. Mereka yang sudah putus asa dan terpuruk ini menaruh harapan besar kepada Pastor James Batu Putra untuk membawa keluar ke arah perubahan yang lebih bahagia dan baik untuk masa depan mereka dan komunitas.

Langkah pertama yang di buat Pastor James ialah Membangun sarana pendidikan terkhusus nya anak-anak supaya membantu ke arah perubahan serta membuka yang lebih baik untuk masa depan sebagai generasi penerus. Pastor James langsung membangun gedung yang berlantai 2 ini di jalan Mataram dan di buat nama Lembaga Pendidikan Sosial Karya Dharma yang di support full oleh Uskup Agung Medan serta donatur dan pihak yang peduli.

Ratusan anak orang India yang yang bermukim di Kampung Kristen mendapat pelayanan yang sangat baik disekolah ini serta menjadi cikal bakal kegiatan sosial dan budaya. Terbukti sekolah yang bernama Karya Dharma ini melahirkan banyak sekali lulusan yang berhasil hingga Sekolah Menengah Atas bahkan juga ke Perguruan Tinggi, Saat ini sekarang Sekolah Dasar bernama St.Thomas V/IV yang berada di jalan Mataram, Kota Medan dan berada di otoritas manajemen Yayasan Dan Basco.

Artikel tentang Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni Part 1 akan bersambung di Part 2 ya teman-teman, Karena Memang Sejarah Gereja ini sangat Panjang… Semoga Artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian… 🙂

Tulis Komentar