0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni Part 2

Kembali lagi di blog Kotau Medan, Kali ini kita akan membahas lanjutan Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni yang berada di tanjung selamat Kota Medan, dan jangan lupa Kalau kalian sedang liburan di medan dan ingin membeli oleh-oleh khas medan berupa kaos medan atau souvenir tentang medan jangan lupa singgah ke kedai kecik kami ya di Jl.abdullah lubis no.57/71 ( di mie ayam jamur h.mahmud.s ), Wahhh… si mimin kok jadi promosi ya… Wkwk.

Di bagian part 1 kemarin kita membahas perjalanan Pastor James dari Malaysia ke Indonesia dan melayani masyarakat Kampung Kristen bagi orang India.

Memang Setiap Perjalanan dalam pelayanan tidak pernah berjalan mulus, karena Pastor James ini di tuntut bagiamana membawa komunitas atau masyarakat Katolik Tamik sebanyak kurang lebih 50 Keluarga untuk meninggalkan di Kampung Kristen agar dapat memperbaiki kehidupan ekonomi dan sosial mereka serta dapat membuka hubungan jalinan komunikasi baru dengan beberapa kelompok etnis yang lainnya.

Meski Perjalanan Pastor James penuh tantangan dan penuh bahaya, beliau tetap fokus dan gigih pada tujuan mulia nya dengan cara membeli sebidang tanah daerah Tanjung Selamat untuk memudahkan serta memindahkan beberapa keluarga tetapi beberapa dari mereka menolak untuk pindah ke Tempat tersebut malah memutuskan untuk pindah ke tempat atau daerah yang lain.

Mereka malah menduga Pastor James membawa masyarakat kampung kristen untuk keluar dari tempat yang selama ini mereka yakini membuat mereka nyaman dengan cara kehidupan seperti itu, malah mereka pergi dengan rasa kebencian dan penuh amarah kepada Pastor James.

Tahun 1991, St. Anthony Church Prosesi  di Gereja Lama Antonius membuat Komunitas Kristen Dasar atau di singkat BEC dengan bernama ” Keluarga Besar Umat Katolik Tamil di St.Boneventure ” serta mengajak Uskup Agung di tahun 1998 untuk mendirikan aula komunitas agar memulai kembali promosi dalam kegiatan pendidikan yang sudah lama ditinggalkan atau hilang dari Karya Dharma. Mereka pun turut mengajak Pastor James ikut andil dalam membangun aula komunitas di tanah Pastor James yang pernah di beli daerah Tanjung Selamat. Pastor James pun bergerak cepat membangun dan melengkapi sebuah tempat gereja atau tempat pemujaan yang di dukung penuh oleh Uskup Agung.

Pastor James membuat ide atau gagasan gereja berdasarkan keyakinan Komunitas Tamil Tentang rasa penghormatan dan pengabdian kepada Bunda Maria yang sangat disucikan atau dikuduskan di Velangkanni, yang di mana tempat pemujaannya sudah terkenal ke berbagai belahan dunia bagi semua suku, agama dan orang. Mereka menamakan gereja Katolik dengan nama ” Matha Koil ” atau di sebut gereja Bunda Maria. Mereka mempercayai Bunda Maria ialah Ibu Surgawi yang sengaja datang untuk ke  dunia dan melakukan hal Mujizat yaitu membuat atau menyembuhkan seorang ibu yang terjangkit penyakit dengan tangan yang sangat penuh kasih, serta menjadikan Yesus sebagai anak nya untuk sebgai penguat atas keyakinan bagi mereka yang beriman.

Ide dari gagasan inilah yang terlewat dari pikiran Pastor James untuk segera membangun sebuah gereja dengan sebuah tempat graha untuk menghargai dan menghormati Annai Velangkanni serta dapat dijadikan sebgai pusat tempat perziarahan bagi masyarakat atau penduduk Keuskupan Agung Medan yang terlihat berkesan  dengan ornamen serta desain bangunan yang sangat megah tersebut, juga mendapatkan dukungan atau bantuan penuh dari Uskup Agung Medan Mgr. Alfred Gonti Pius Datubara.

Dan pada akhirnya Gereja Graha  Maria Annai velangkanni resmi di umumkan untuk di buka pada tanggal 1 oktober tahun 2005 oleh Uskup Agung Medan, Mgr. Alfred Gonti Pius Datubara OFMCap bersama serta Uskup Agung Koadjutor Mgr. Annicetus Antonius Sinaga OFMCap serta di hadiri 3000 orang lebih dari berbagai komunitas, kelompok etnis serta para peziarah asing.

Memang kita harus akui kegigihan, keberanian serta perjuangan Pastor James ini dan didukung penuh oleh Uskup Agung Medan, beliau dapat membangun sebuah jasa dan karya yang luar biasa bagi masyarakat orang India Kristen.

Kesimpulan dari Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni Part 2 ini dapat kita petik, setiap manusia yang bersabar, berusaha dan bekerja keras dapat membuat sesuatu yang mustahil menjadi mungkin, Semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian, Terima Kasih.

Tulis Komentar