0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Sejarah Kuil Shri Mariamman Di Medan

Sejarah Kuil Shri Mariamman Di Medan – Begitu banyak tempat yang begitu bersejarah di Kota Medan ini, seperti artikel sebelum nya, kita telah membahas Sejarah Gereja Graha Maria Annai Velangkanni, yang begitu luar biasa perjuangan Pastor James dalam membangun Gereja tersebut dengan kegigihan dan kesabarannya. Kali ini kita akan membahas situs bersejarah yang berada di Kota Medan yaitu Kuil Hindu, konon kata nya Kuil Shri Mariamman ini Kuil Hindu Tertua yang ada di Kota Medan.

Sebelum kita melanjutkan Artikel ini jangan lupa ya ketika kalian berkunjung ke Kota Medan dalam rangka liburan atau pun hal lainnya jika ingin membeli oleh oleh khas Medan berupa Kaos Medan,souvenir ataupun merchandise berbau Kota Medan singgah lha ke kedai kecik kami di jalan.abdullah lubis no.57/71 ( di mie ayam jamur h.mahmud.s ).

Kuil Shri Mariamman ini dibangun ditahun 1884 Masehi yang di mana fungsi Kuil ini dibangun sebagai tempat beribadah untuk pemujaan Dewi Mariamman, Kuil Shri Marimman ini di bangun oleh pemuda Tamil bernama Gurdhuara Sahib yang berkeja di perusahaan perkebunan di sumatera utara.

Kuil Shri Marimman ini lokasi nya sangat strategis jika teman-teman ingin berkunjung kesini, Kuil ini berada di jalan Teuku Umar No.18, Kuil Shri Marimman ini di kawasan Kampung Madras di Kota Medan yang dimana penduduknya bermayoritas Etnis India Tamil yang beragama Hindu.

Kuil ini berdampingan dengan salah satu tempat perbelanjaan Kota Medan yang bernama Sun Plaza. Kuil Shri Mariamman ini sama sebenarnya seperti kuil-kuil yang berada di India juga, Kuil Shri Mariamman ini diresmikan pada Tanggal 23 Oktober 1991 sebagai tempat Umat Hindu Dharma oleh Gubernur Sumatera Utara yang bernama H.Raja Inal Siregar.

Nama Kuil Shri Mariamman ini di ambil dari seorang Dewi Mariamman, yang menganut kepercayaan Umat Hindu, Dewi ini dipercayai mempunyai mukjizat atau kekuatan yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit serta dapat menghilangkan wabah penyakit seperti penyakit ringga hingga ke penyakit berat dan bisa menurunkan hujan ketika di landa musim kemarau yang sangat parah.

Dewi Mariamman ini banyak sekali di puja di berbagai belahan wilayah Negara India selatan seperti Desa Tamil Nadu, Andhara Pradesh dan Karnataka. Selain Dewi Mariamman , Kuil ini juga di pergunakan untuk memuja dewa hindu yang lainnya juga yaitu Dewa Ganesha, Dewa Siwa , Dewa Wisnu, Dewa Durga dan Dewa lainnya.

Untuk berkunjung ke Kuil Shri Mariamman ini tidak ada pungutan biaya masuk tapi tetap saja kita harus menghargai dan menghormati etika dan peraturan yang berlaku atau di terapkan ketika kita didalam Kuil ini, karena sampai saat sekarang Kuil Shri Mariamman ini masih digunakan setiap hari oleh masyarakat yang beragama Hindu untuk beribadah. Kuil ini sudah menjadi tempat Wisata Religi Bersejarah Kota Medan, Kuil Shri Mariamman ini buka pada waktu dan jam tertentu, Pagi Mulai Pukul 06.00-12.00 ketika sore 16.00-20.00 Wib.

Kuil Shri Mariamman ini memiliki arsitektur dan bentuk yang kental sekali khas India nya serta mempunyai menara diatasnya. Saat ini menara di atas Kuil Shri Mariamman ini didominasi sama warna keemasan, berbeda pada yang pernah ada, Kuil ini memang tidak terlalu besar tetapi suasana di dalam nya lumayan cukup tenang. Di Gerbang gapura terdapat ada 2 buah patung gajah yang menghimpitnya, Gajah ini merupakan hewan yang sangat di sucikan dan di keramatkan oleh umat beragama Hindu.

Di bangunan utama Kuil Shri Mariamman ini terdapat banyak sekali patung yang sering  umat hindu puja antaralain patung dewa Wisnu, Dewa Syiwa, Dewa Brahma dan masih banyak lainnya juga. Ornamen Kuil Shri Mariamman ini banyak sekali dihiasi sama patung dewa serta bentuk lukisan bercorak bunga yang berwarna warni. Dan banyak terdapat ornamen yang kental khas India.

Jadi buat kalian yang ingin berwisata religi dan berunsur sejarah, tidak salah untuk singgah di Kuil Shri Mariamman ini untuk menambah pengetahuaan tentang peradaban agama Hindu yang tumbuh pesat di Kota Medan, Demikianlah tentang artikel Sejarah Kuil Shri Mariamman Di Medan, jangan lupa tetap berhati-hati ketika berwisata atau liburan di manapun… Semoga bermanfaat ­čÖé

Tulis Komentar