0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Sejarah Restoran Tip Top Di Medan

Sejarah restoran Tip Top di medan ini mempunyai nilai historis tersendiri, karena restoran ini tidak sama seperti rumah makan lainnya yang ada di medan. Restoran ini didirikan oleh Jang Kee pada waktu 80 tahun yang lalu, Restoran ini sebenarnya bisa sebagai warisan budaya yang harus di jaga atau lestarikan.

Sudah sangat jarang sekali kita bisa menemukan restoran yang bergaya atau ber arsitektur nuansa belanda dan juga memiliki furnitur yang masih orisinil dan antik. Tapi Ketika Berada di Tip Top anda pasti Merasakan Suasana tersebut. Yang di mana dinding restoran ini berhiaskan ukiran zaman dahulu serta tegel atau ubin yang buatan empat puluhan yang berdiameter 10 x 10 cm dan juga tata letak nya sangat elok juga serta racikan semen yang begitu halus.

Dan juga benda-benda antik layak nya kursi,meja dan juga perabotan antik lain nya yang turut mengisi di restoran ini, kita terasa seolah-olah di bawa kembali hidup di zaman jepang dan belanda. 2 Pilar beton bulat yang berdiri kokoh di tengah pintu masuk membuat suasana zaman dulu nya makin terlihat.

Asal muasal restoran ini bernama Jang Kee yang sesuai dengan nama pemiliknya. Di tahun 1929, tepat nya di jalan pandu ialah lokasi pertama Jang Kee berjualan dan barang dagangannya berbagai jenis aneka roti atau kue ( bakery ) saja.

Seiring waktu ternyata bisnis Bakery Makin pesat dan laris, dan akhirnya Jang Kee memutuskan untuk memindahkan usahanya ke kawasan yang lebih ramai atau tempat kawasan bisnis medan yang terdapat stasiun kereta api, kantor bank indonesia dan juga beberapa hotel seperti hotel debur ( Dharma Deli ), juga pusat toko grosir dan eceran pada tahun 1934. Perubahan Nama Berkisar di tahun 30 an, yang di mana Jang Kee itu di rubah menjadi Tip Top yang sebenar arti nya Sempurna.

Di tahun 1942 Penggunaan Merek Tip Top sempat di larang dan di suruh di ganti menjadi Jang Kee kembali oleh pemerintah militer jepang. Tetapi Keadaan ini tidak berlangsung lama karena pemerintah militer jepang tidak lebih dari 3 tahun menguasai indonesia, Ketika di tahun 1945 jepang yang sudah terdesak akibat bom atom itu menyerahkan kedaulatan kembali kepada indonesia. dan di tahun tersebut juga indonesia memproklamir kemerdekaan nya. Dan juga Merek Jang Kee Kembali dirubah menjadi Tip Top Kembali sampai saat sekarang.

Baca Juga : Misteri Rumah Tjong A Fie

Pengelola Restoran Tip Top ini sudah turun menurun hingga tiga generasi, namun racikan makanan nya tidak ada yang berubah, Seperti Kue,bolu-bolu atau cake dan juga es krim yang di jual di sini, Rasa nya begitu legendaris karena formula makanan nya yang sama dari dulu hingga sekarang membuat rasa nya tetap sama dulu dan sekarang.

Menu-menu disini cukup bervariasi, ada makanan chinese yang identik dengan capcay, fuyunghay. juga ada masakan western seperti salad,steak ayam, steak lidah, omelet dll. juga tidak ketinggalan masakan indonesia seperti nasi goreng,kari kambing , dan yang paling legendaris ialah bakery nya .

Harga di Restoran ini Terlebilang relatif, tetapi suasana dan tempat nya yang bersih di barengi parkir yang luas membuat kita betah untuk makan dan minum di sini. Pelayanan di sini sangat-sangat ramah, Mereka mengenakan pakaian baju putih panjang juga celana putih panjang dan tidak ketinggalan topi putih yang kalau kita lihat mirip paskibra dan ini menjadi keunikan restoran Tip Top tersebut.

Tak jauh dari restoran kita bisa menemukan toko barang antik apabila kalian mencari barang yang unik atau juga ingin mencari grosir kaos medan di jalan kesawan ini cukup lengkap kalau di cari di pagi hingga sore hari karena kalau malam sudah tutup.. hehe

Jika Kalian ingin Berkunjung Ke Restoran Tip Top ini terbilang cukup gampang karena berada di pusat kota medan, Betor dan angkutan umum juga melewati jalan ini.

Sekian dulu sejarah restoran tip top di medan, Sesuai Dengan nama Tip Top yang berarti sempurna, Maka kita juga harus mensempurnakan diri kita dengan mencari pasangan agar …. ( isi sendiri )

Sekian dan terima Kasih.. 🙂

Tulis Komentar