0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Sejarah Titi Gantung Medan

Tidak selalu di Pulau Jawa saja, Kota Medan yang berada di Provinsi Sumatera Utara ini memiliki jembatan yang bersejarah, di zaman sekarang banyak sekali melupakan sejarah yang begitu kaya di indonesia ini terutama di Kota Medan, Sejarah Titi Gantung Medan ini banyak yang tidak tahu bahwasanya Jembatan ini di bangun dari abad ke-18.

Jembatan Titi Gantung ini tidak terlalu jauh dari Stasiun Kereta Kota Medan, Jembatan peninggalan Belanda ini di bangun pada tahun 1885 yang di mana fungsi nya menghubungkan kawasan pemukiman penduduk dengan lapangan Merdeka yang konon selalu padat dengan berbagai macam acara di lapangan Merdeka ini.

Selain Fungsi sarana penghubung dari kawasan pemukiman penduduk ke lapangan merdeka, jembatan yang bercorak atau gaya klasik victoria pada dulu nya sebagai tempat favorit era kolonial belanda untuk bersantai di sore hari di Kota Medan. Pada Malam hari, beberapa orang Belanda sering juga menikmati di jembatan ini sembari menghisap cerutu.

Jembatan Titi Gantung ini sudah termasuk sebagai cagar budaya yang harus di lestarikan, Seiring perkembangan zaman, Jembatan bekas kolonial Belanda ini pernah digunakan sebagai tempat penjualan buku yang bekas di Kota Medan.

 

 

Tetapi alih fungsi Jembatan ini terjadi pada tahun 2013 lalu, di mana para pedagang buku yang sering berjualan di areal jembatan sudah di pindahkan/relokasi dari Titi Gantung. Sekarang fungsi jembatan Titi Gantung ini sudah seperti dulu lagi yang di mana awal nya sebagai tempat wisata atau pun nongkrong sembari menikmati Kota Medan.

Suasana di areal sekitar Jembatan Titi Gantung ini semakin cantik di waktu sore sampai malam hari, Lampu-lampu jalan menambah kecantikan jembatan yang bersebelahan dengan Vihara Setiabudi atau sering di sebut Kuan Te Kong. Jika kalian kelaparan berada di Jembatan Titi Gantung terdapat para pedagang yang menjajakan makan kecil di areal Jembatan, Seperti Pecel, gorengan dll.  Jika kalian lagi liburan di Kota Medan tidak salah Jembatan Titi Gantung menjadi destinasi spot foto atau berselfie ria di sini.

Jika kalian ingin mencari oleh-oleh khas medan berupa kaos medan atau souvenir tentang kota medan untuk di bawa pulang atau di jadikan oleh-oleh di dekat Jembatan Titi Gantung banyak yang menjajakan dagangannya.

Di waktu malam hari kita dapat melihat Kereta api yang lalu lalang sampai terparkir rapi di rel nya, jembatan Titi Gantung Medan ini semakin malam semakin ramai, Lokasi Titi Gantung ini sangat strategis sekali ketika ingin berkunjung ke sini.

Memang Sejarah Titi Gantung Medan ini kalau tidak di sayangi atau dilestarikan atau di rawat bakal bisa hilang dari perkembangan Zaman, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman sekalian.. Terima Kasih !

Tulis Komentar