0 di keranjang

No products in the cart.

HORAS

Taman Buaya Asam Kumbang Medan

Taman buaya Asam Kumbang Medan di dirikan dari tahun 1959 dan di klaim Terbesar hingga dunia, Taman Buaya ini terkenl pada tahun 1998 hingga sampai sekarang dan terus berkembang pesat. Taman Buaya Asam kumbang ini berada di jalan bunga raya 2 no.54, yang berkecamatan Medan Sunggal memiliki lebih kurang 2900 ekor buaya.

Spot Wisata atau destinasi di Kota Medan ini masih belum di katakan terlalu bergairah layak nya di pulau bali atau pulau jawa, dan tentu saja kota Medan ini masih terlalu rendah dalam destinasi wisata, Tapi jangan salah Beberapa wisata di kota medan ada yang tidak di punyai atau miliki oleh kota atau daerah indonesia lainnya, dan salah satu nya ialah Taman Buaya Asam Kumbang
Para buaya ini ( bukan buaya darat ya ) di pelihara sepasang suami istri yang bernama Lo Than Muk dan Lim Hui Cu yang bermula dari 12 ekor. dan mayoritas terdapat di sungai kota medan, terlebih lagi sungai yang berada di kecamatan Medan sunggal. Jenis buaya yang ada di Taman Buaya Asam Kumbang ini di huni oleh Buaya Muara dan buaya senyulong. Loh Buaya senyulong dapat kita temui di perairan sungai pulau sumatera, jawa dan kalimantan, Buaya senyulong ini cukup unik karena perbedaan dengan buaya lainnya ialah mulut buaya senyulong ini relatif lebih sempit dari lainnya.
Di Areal Taman Buaya Asam Kumbang sudah memliki 78 bak penangkaran buaya dan ini murni lahan pribadi dari sang pemilik tempat, Buaya di Asam kumbang ini setiap hari nya menghabiskan sekitar kurang lebih satu ton daging.  Pada Umum nya Buaya yang berada di Taman Buaya Asam kumbang ini mengkonsumsi daging bebek atau daging ayam yang dapat di beli dari ternak warga setempat ataupun hasil di jual pihak pengurus taman buaya asam kumbang oleh para pengunjung yang datang.
Memang tidak salah, jika Taman Buaya Asam kumbang merupakan penangkaran terbesar seindonesia hingga dunia. Untuk luas areal tempat penangkaran buaya di sini mencapai kurang lebih sekitar dua hektar, Suatu tempat yang cukup luas untuk mengembang biakkan predator langka ini.
Jika kalian ingin berkunjung ke sini, Taman buaya Asam kumbang buka setiap hari nya dari pukul 09:00 WIB hingga pukul 18:00. Tiket Masuk Terbilang cukup Murah hanya Rp.6000, Biaya yang didapat dari tiket masuk di peruntukkan memenuhi kebutuhan perawatan atau pangan di Taman Buaya Asam kumbang.
Di dalam Taman Buaya Asam Kumbang Ada Buaya terbesar yang di miliki oleh pengurus taman ini, Tak tanggung-tanggung buaya ini memiliki ukuran 5 meter dan sudah berumur 48 tahun dan buaya terbesar ini juga merupakan salah satu daya tarik para wisatawan karena umur yang terbilang cukup tua dan memiliki badan sangat besar. Di Taman Buaya Asam Kumbang ini kita juga bisa berfoto bersama buaya yang memang buaya ini di khususkan untuk berfoto bersama pengunjung, Biaya untuk berfoto bersama buaya sekitar Rp.50.000, Tapi tenang saja kita berfoto bersama sang pawang juga. Dahulu di sini juga ada Buaya yang mencapai umur 78 tahun yang badan nya lebih besar dari umur 48 tahun tapi sekarang sudah tidak keliatan lagi di bak Penangkaran. yang menarik nya disini ada buaya buntung yang arti nya ekor nya sudah tidak ada.
Waktu Tempuh kalau dari pusat kota medan memakan waktu kurang lebih 40 menit, dan patokan sebelum memasuki Taman Buaya Asam Kumbang ada terdapat gapura besar untuk mempermudah mencari lokasi jika pertama kali datang ke sini.
Taman Buaya Asam Kumbang selain Tempat Wisata sering sekali di jadikan Tempat edukasi oleh sekolah di kota Medan atau luar kota Medan, terkhusus yang masih di sekolah dasar atau sekolah menengah pertama ( SMP ). Untuk liburan dan mendapatkan ilmu tentu tidak perlu mengocek biaya terlalu mahal dan juga teramat jauh.
Di dalam Taman Buaya ini terdapat kios yang menjajakan makanan dan minuman ringan serta souvenir atau merchandise bermotif buaya, Pada bagian dinding terdapat tampak hiasan kaos medan bertema buaya dan sekeliling dinding dihiasi oleh foto-foto liputan media elektronik ataupun media cetak tentang keberadaan penangkaran buaya di asam kumbang.
Tentu kita merasa aneh bagaimana Taman Buaya Asam Kumbang Medan ini bisa Memiliki Ribuan buaya dengan luas tempat yang sangat besar dan juga sering sekali hingga sampai sekarang di liput oleh media sampai para pejabat sering mengkunjungi ke sini dan di sini tata cara kelola dengan sangat sederhana yang di kontrol penuh oleh para keluarga, dan hebat nya bisa bertahan sampai sekarang.. Sangat- Sangat Menarik untuk di kunjungi tempat ini.

Tulis Komentar